Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Regulator Simetrik 5A

DC regulator simetrik berikut ini akan mengeluarkan tegangan + (positif), - (negatif), dan 0 (nol Volt atau ground) dalam beberapa pilihan level tegangan. Arus yang dihasilkannya bisa mencapai 5A.
Dasar dari rangkaiannya telah diulas sebelumnya untuk arus hingga dengan 1A, dalam : DC regulator tegangan simetrik 1A .

DC regulator simetrik berikut ini akan mengeluarkan tegangan  Regulator Simetrik 5A

Semua resistor yang dipergunakan dalam rangkaian di atas yaitu resistor karbon 1/2W. D1...D4 memakai dioda power 6A.
IC1 dan IC2 yaitu regulator tegangan DC terintegrasi dari keluarga 78XX dan 79XX, lihat ulasan khususnya dalam : Keluarga IC regulator 78XX dan 79XX .

T1 (2N3055 atau TIP3055) dan T2 (MJ2955 atau TIP2955) ditambahkan semoga kemampuan menghasilkan arus menjadi bertambah besar. Transistor-transistor ini masih bisa diperbanyak secara paralel untuk arus yang lebih besar lagi.
Karena konsekwensi dari adanya penambahan transistor tegangan keluaran akan sedikit berkurang (sekitar 0,6V), maka dipasanglah D5 dan D6 untuk mengkompensasi keadaan itu. Dengan demikian tegangan keluaran berusaha dipertahankan semoga tetap sesuai sebagaimana tegangan keluaran IC1 atau IC2.
Adapun resistor-resistor yang dipasang di sirkit keluaran bertujuan sekedar mengalirkan arus sebesar 10mA atau lebih semoga kerja regulator tetap stabil, saat dibebani ataupun saat tidak dibebani.
Resistor-resistor ini juga berfungsi mengosongkan muatan kondensator C5...C8 saat rangkaian di-off-kan.

Transformator yang dipakai yaitu transformator 5A/CT.
Untuk tegangan keluaran +- 5V, 6V, 8V, 9V, 12V dan 15V, beberapa komponen yang perlu diadaptasi diterakan pada tabel berikut ini :

DC regulator simetrik berikut ini akan mengeluarkan tegangan  Regulator Simetrik 5A

Sebagai pemanis proyek praktek elektronik ini, disertakan rancangan PCB yang bisa diusahakan untuk dibuat.

DC regulator simetrik berikut ini akan mengeluarkan tegangan  Regulator Simetrik 5A

Pola layout PCB yang diperlihatkan yaitu dalam tampak bawah terbalik, sedangkan tata-letak komponennya dalam tampak atas.
Silakan unduh file aslinya di link ini : PCB regulator simetrik 5A .

Dalam praktek perakitan, C3...C6 dipasang sedekat mungkin dengan IC untuk menghindari terjadinya osilasi.
T1 dan T2 memerlukan keping pendingin (heatsink) dari alumunium atau lainnya alasannya kedua transistor ini akan panas saat arus beban mulai naik di atas 1A.
Test-lah tegangan keluaran, sudah benarkah atau belum sebelum regulator digunakan.

Akhirnya, perlu diingatkan semoga jangan mengganti sekering/fuse dengan yang di luar batas kalau terjadi hubung singkat. Jika transistor-transistor dilalui arus yang terlampau besar hingga membuatnya menjadi terlalu panas dan kemudian rusak, tegangan keluaran akan melonjak hingga sebesar V in alasannya kolektor-emitornya mengalami ‘short’.
Ini tentu akan berbahaya bagi rangkaian beban.
Namun kalau semuanya berjalan dengan normal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Keep happy soldering!

Posting Komentar untuk "Regulator Simetrik 5A"