Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengin Cepat Naik Jabatan? Berpakaian seperti Ini Aja

Bukan rahasia, penampilan mendorong kesuksesan seseorang. Bahkan, sebuah riset membuktikan, cara berpakaian wanita karier dapat memudahkan mereka mendapat kenaikan jabatan.

Sejumlah penelitian telah membuktikan, cara berpenampilan memengaruhi jenjang karier seseorang, terutama untuk wanita karier.  Cara berpakaian yang bisa meningkatkan percaya diri turut membuat wanita lebih sukses dalam pekerjaan.

Sebuah riset terbaru mengungkapkan, cara berpakaian dan berdandan wanita karier dianggap membuat mereka mudah naik jabatan. Wanita yang berdandan di kantor, berdasarkan riset sebelumnya, disebut akan menerima penghasilan yang lebih tinggi daripada yang tidak.

Bagaimana riset tersebut menunjukkan bahwa cara berpenampilan bisa memuluskan karier wanita? Yuk, simak pemaparannnya seperti dilansir dari Bussines Insider:

Rok pendek dan blus berkerah rendah

Blus berkerah rendah
Blus berkerah rendah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Surrey terhadap 24 wanita yang baru lulus kuliah dan diminta berpakaian layaknya orang kantoran dan seksi, mereka yang pakai rok pendek atau blus berkerah rendah akan membuat mereka lebih mudah naik jabatan.

Saat riset tersebut, foto mereka ditunjukkan kepada 500 partisipan, termasuk mahasiswa, profesor, dan orang dewasa lainnya.

Para partisipan kemudian diminta memberi nilai para wanita tersebut, seberapa kompeten, dan seberapa pantas pakaian yang dikenakan.

Setelah riset tersebut dilakukan, hasilnya menunjukkan, wanita berblazer dan celana atau rok panjang dinilai lebih tinggi dari yang memakai dress atau rok pendek, atasan berkerah rendah, dan high heels. Para mahasiswa menganggap pakaian terlalu seksi bisa berpengaruh terhadap karier.

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Menghambat Karier Pekerja Wanita

Pakaian seksi

Pakaian seksi
Pakaian seksi

Sementara itu, profesor dan orang dewasa lainnya justru memberikan tanggapan berbeda. Mereka beranggapan, wanita yang berpakaian lebih seksi lebih mudah diterima bekerja dan dipromosikan.

”Sering dianggap bahwa bagaimana kita berpakaian adalah refleksi dari kerpibadian kita. Tapi ini mungkin tidak terjadi pada wanita, mengingat mereka selalu dinilai berdasarkan penampilan dan kesimpulan tidak patut itu menempel pada mereka, termasuk dalam hal inteligengsi dan kemampuan profesional,” kata Fabio Fasolu, dosen psikologi sosial di University of Surrey.

Baca juga: Kamu Perlu Naik Jenjang Karier Kalau Tanda-Tanda Ini Muncul

Meski riset ini mengungkapkan wanita berpakaian seksi lebih mudah naik jabatan, kamu jangan lantas menelannya mentah-mentah. Kamu gak perlu kok mengikutinya hanya demi mendapat kenaikan jabatan.

Terpenting, kamu harus tetap memerhatikan penampilan yang rapi dan sopan. Dengan terus berpenampilan yang pantas, tentu penting diperhatikan karena masuk dalam penilaian kerja.

Posting Komentar untuk "Pengin Cepat Naik Jabatan? Berpakaian seperti Ini Aja"