Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mp3-Player Mini Dengan Suplai 12V

MP3-player saku yang murah dan biasa dipakai bersama headset, sanggup dimodifikasi menjadi MP3-player untuk tegangan 12V dari baterai/aki. Keluarannya pun sanggup diambil untuk dimasukkan ke sebuah amplifier tunggal atau stereo, tak perduli seberapa besar daya output amplifier yang dipakai untuk menguatkannya.
Bagaimana kwalitas suaranya?
Ternyata tidak buruk. Masih standar.
MP3-player murah meriah ini sanggup dipakai untuk majemuk keperluan, contohnya untuk tambahan stereo-set di rumah, untuk para pedagang keliling (menyuarakan dagangan lewat pengeras bunyi horn kecil), untuk pelantun ayat-ayat Al-Qur’an di masjid, atau untuk yang lainnya.
Berikut ini ulasan lengkap bagaimana membuatnya.

Mengenal bab dalam MP3-player mini.

player saku yang murah dan biasa dipakai bersama headset MP3-Player Mini Dengan Suplai 12V

Gambar di atas memperlihatkan MP3-player mini yang sudah dikeluarkan dari casingnya dan sudah dicopot baterainya. Kenalilah bagian-bagiannya.
Pada sisi bab bawah, jikalau tempelan tombol-tombol dibuka, akan tampak lima koneksi tombol. Sedangkan pada sisi atas, bagian-bagiannya yaitu sebagai berikut :

-Terminal V+ dan terminal 0V/gnd yaitu dua sambungan untuk tegangan suplai.
-Soket mini SD-card yaitu kawasan untuk memasukkan SD-card mini (SD-card yang biasa dipakai untuk memori eksternal HP) yang sudah diisi dengan file-file MP3.
-Switch kecil on-off, untuk menghidupkan rangkaian. Switch ini hendaknya ditaruh pada posisi ‘on’ alasannya yaitu nantinya fungsinya digantikan dengan switch on-off tambahan di luar.
-Soket jack output, yaitu lubang kawasan mencolokkan jack kecil stereo. Dari sini sinyal audio diambil untuk diumpankan ke amplifier.

Membuat power-supply 12V untuk MP3-player mini.
Aslinya, MP3-player mini memakai baterai kecil 3,7V. Namun dalam prakteknya, ternyata rangkaian elektroniknya masih sanggup disuplai dengan tegangan 5V. Agar sanggup dipakai dengan tegangan 12V, maka perlu dibentuk power-supply khusus tambahan terlebih dahulu, yaitu power-supply penurun tegangan dari 12V ke 5V.
Sebuah penurun tegangan sederhana sanggup saja dibentuk memakai IC regulator tunggal 7805. Cukup mudah memang, alasannya yaitu arus yang dibutuhkan kecil saja.
Bagi yang ingin lebih jauh mengenal perihal IC ini, silakan simak ulasan khususnya dalam : Keluarga IC regulator 78xx dan 79xx .

IC 7805 sanggup mendapatkan input tegangan hingga 15V, alasannya yaitu itu masih sanggup jikalau inputnya yaitu tegangan baterai/aki 12V. Adapun outputnya berupa tegangan DC 5V yang stabil. Tegangan 5V ini kemudian diberikan untuk menyuplai MP3-player mini.
Perhatikan denah rangkaian serta pola penyolderan pada sepotong kecil PCB titik berikut ini :

player saku yang murah dan biasa dipakai bersama headset MP3-Player Mini Dengan Suplai 12V

Gambar pola sambungan yang diperlihatkan yaitu dalam tampak bawah (bagian tersolder), sanggup dibentuk dengan gampang pada sepotong PCB titik kecil. Komponen-komponen yang diharapkan yaitu :
C1, C2 = 10uF/25V
IC1 = 7805
Sw1 = Switch togel kecil
Catatan bahwa IC 7805 memerlukan keping pendingin (heatsink) tambahan, alasannya yaitu dalam penggunaan yang berlama-lama IC ini akan panas juga.

Apabila rangkaian power-supply penurun tegangan sudah dibuat, sekarang dipersiapkan bab MP3-playernya.
Pada setiap koneksi tombol disolderkan dua kabel halus dengan panjang secukupnya, kemudian dari setiap dua kabel halus itu disambungkan sebuah tombol “push-on”. Jadi, tombol push-on eksternal ini akan menggantikan fungsi tombol-tombol aslinya.
Di sini dicontohkan, tombol push-on yang dipakai yaitu tombol push-on kecil (miniatur). Namun sanggup saja memakai tombol push-on yang lebih besar.
Tandailah dari tombol-tombol itu, manakah tombol vol+ (untuk membesarkan volume), vol- (untuk mengecilkan volume), prev (mundur) dan next (maju). Jika perlu, beri tulisan.

player saku yang murah dan biasa dipakai bersama headset MP3-Player Mini Dengan Suplai 12V

Jika tombol-tombol push-on sudah terpasang, tinggallah menyambungkan tegangan suplainya.
Tegangan +5V keluaran dari rangkaian power-supply/penurun tegangan disambungkan (dengan kabel) ke terminal V+ pada MP3-player mini, sedangkan bab 0V/gnd nya disambungkan ke terminal 0V/gnd MP3-player mini.
Setelah itu buatlah sambungan untuk jack stereo kecil dengan kabel coax kecil isi 3 (boleh juga memakai 3 kabel halus yang dipilin bersama). Ujung dari tiga kabel ini bermuara di soket jack RCA stereo (L dan R). Kenalilah mana sambungan L, R, dan ground, jangan hingga salah menciptakan sambungan.

player saku yang murah dan biasa dipakai bersama headset MP3-Player Mini Dengan Suplai 12V

Sampai di sini, final sudah.
Tinggal ditest hasilnya.

Pengetesan.
Untuk pengetesan ini, diharapkan sebuah amplifier stereo (apa saja) berikut speaker-set nya.
Masukkan mini SD-card yang sudah diisi dengan file MP3. Sambungkan V in power-supply ke terminal + (positif) aki 12V, dan 0V/gnd power-supply ke terminal negatif aki. Jangan lupa, on-off kecil di tubuh MP3-player harus dalam posisi on.
Colokkan jack stereo kecil ke lubang jack MP3-player mini, kemudian pada soket RCA dicolokkan kabel jack RCA stereo dan disambungkan ke amplifier.
Nyalakan amplifier dan on-kan Sw1 power-supply.
Besarkan volume MP3 player dengan menekan tombol vol+ dan atur volume kontrol pada amplifier.
Jika tidak terjadi kesalahan penyambungan, seharusnya sudah keluar bunyi yang manis di speaker.

Apabila sudah selesai, MP3-player mini beserta power-supply nya sanggup ditempatkan di satu box khusus secara bersama-sama. Penempatan Sw1, soket RCA dan tombol-tombol MP3-player sanggup diatur sesuai kreatifitas masing-masing.

Try it, keep happy soldering!

Tulisan lain sehubungan dengan MP3-player : Merakit MP3-player Sederhana .

Posting Komentar untuk "Mp3-Player Mini Dengan Suplai 12V"