Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Setrika Listrik

Kebanyakan setrika listrik yang rusak bergotong-royong masih bisa diperbaiki dengan gampang Memperbaiki Setrika Listrik
Kebanyakan setrika listrik yang rusak bergotong-royong masih bisa diperbaiki dengan mudah, kerusakannya rata-rata hanya itu-itu saja. Namun lantaran orang enggan atau mungkin tidak mengerti bagaimana cara memperbaikinya maka banyak setrika listrik yang kelihatannya masih mulus statusnya sudah bermetamorfosis “bangkai” peralatan elektronik, padahal belum tentu ia layak untuk dianggap sebagai bangkai...

Tentang dan cara kerja setrika listrik.
Sedikit uraian perihal setrika listrik yang akan dijelaskan di sini mungkin sanggup membantu memperlihatkan citra sehingga mempermudah bagi mereka yang mau mencoba untuk berguru memperbaiki setrika listrik.
Cara kerja setrika listrik bergotong-royong sama saja dengan cara kerja peralatan elektronik lainnya yang menghasilkan panas dengan energi listrik.  Dasarnya ialah memanfaatkan panas yang ditimbulkan oleh kawat nikelin dikala dialiri listrik.  Serupa dengan itu peralatan elektronik lain yang juga memanfaatkan panas kawat nikelin dikala dialiri listrik ialah : Solder listrik, kompor listrik, rice-cooker, hot water-dispenser dan lain-lain.
Sebagian dari peralatan elektronik yang disebutkan itu telah dijelaskan tentangnya dan cara kerjanya dalam :
Memperbaiki rice-cooker
Memperbaiki hot water-dispenser .

Pada setrika listrik kawat nikelin dalam ukuran tertentu dililitkan pada suatu wadah.  Ukuran dan panjang kawat itu telah ditentukan sedemikian rupa sehingga dari ujung yang satu ke ujung lainnya terdapat resistansi yang akan memilih bilangan Watt-nya.  Ini lantaran pada kawat nikelin terdapat resistansi jenis yang khas sebagaimana juga pada kawat-kawat dari materi lainnya (setiap kawat dari materi yang berbeda memiliki resistansi jenis yang berbeda-beda pula).

Pada setrika listrik model terdahulu yang tidak memiliki pengaturan panas otomatis wadah daerah kawat dililitkan berbentuk pipih dan diisolasi dengan memakai isolator mika yang tahan terhadap panas tinggi, kemudian dijepitkan di antara dua lempeng besi penyalur panas.
Pada setrika listrik otomatis wadah lilitan kawat berbentuk batang dan ditempatkan di dalam selongsong logam berlekuk (mengikuti bentuk setrika).  Antara lilitan kawat dengan selongsong berlekuk itu diberi isolasi dari materi semen khusus, sehingga tidak terjadi kontak listrik antara keduanya.  Selongsong berlekuk dengan lilitan kawat nikelin di dalamnya inilah yang disebut dengan elemen pemanas.

Kebanyakan setrika listrik yang rusak bergotong-royong masih bisa diperbaiki dengan gampang Memperbaiki Setrika Listrik

Pengaturan panas pada setrika listrik otomatis memanfaatkan sifat besi yang memuai dikala terkena panas dan menyusut dikala dingin. Ada lempengan kecil besi khusus yang sifat pemuaiannya tinggi jikalau terkena panas (sering disebut automatic-iron) ditempelkan pada satu cuilan penyalur panas di tubuh setrika. Lempengan kecil automatic-iron ini terhubung secara fisik dengan sebuah leaf-switch.  Dalam kondisi normal hingga batas suhu tertentu leaf-switch menyambungkan ajaran listrik untuk diberikan kepada elemen pemanas sehingga proses pemanasan pun terjadi.
Apabila panas pada setrika telah mencapai suhu tertentu tingkat pemuaian automatic-iron akan mencapai taraf yang bisa untuk menekan leaf-switch sehingga kontaknya akan berpindah dan memutus ajaran listrik ke elemen pemanas.  Karena itu proses pemanasan pun dilarang dan suhu setrika akan berangsur-angsur menurun.
Turunnya suhu pada setrika akan menciptakan automatic-iron kembali menyusut sehingga tekanan kepada leaf-switch berkurang, pada batas tertentu leaf-switch akan kembali menyambungkan ajaran listrik untuk elemen pemanas.  Begitulah proses otomatisasi pengaturan panas pada setrika listrik.
Derajat panas yang menciptakan automatic-iron menggerakkan leaf-switch bisa diatur dengan sebuah penyetel kelenturan lempengan automatic-iron, inilah pengatur putar suhu yang terdapat pada setrika listrik.
Untuk melengkapi penjelasan, berikut ini disertakan gambar cuilan dalam dari sebuah setrika listrika pada umumnya.

Kebanyakan setrika listrik yang rusak bergotong-royong masih bisa diperbaiki dengan gampang Memperbaiki Setrika Listrik

Pada gambar (A) diperlihatkan cuilan belakang setrika sesudah penutupnya dibuka.  Ada tiga terminal sambungan yaitu 1, 2, dan 3.
Terminal 1 ialah terminal untuk menautkan satu kaki elektroda + dari lampu indikator.  Terminal ini juga terhubung ke satu elektroda + elemen pemanas dan kontak out leaf-switch.
Terminal 2 ialah terminal “common” (umum) untuk menautkan sambungan common kabel AC dan satu kaki elektroda lampu indikator lainnya.   Terminal ini juga terhubung ke elektroda common dari elemen pemanas.
Terminal 3 ialah terminal untuk menautkan sambungan + dari kabel AC.  Terminal ini juga terhubung ke kontak in leaf-switch.

Pada gambar (B) diperlihatkan cuilan atas setrika sesudah knob-putar diangkat/dilepas.  Untuk membuka cuilan dalam setrika, mur yang terdapat di lubang baut harus dilepas, sesudah itu baut-baut pada terminal 1, 2, dan 3 juga harus dibuka untuk melepaskan sambungan-sambungan kabel dan lampu indikator yang tertaut kepadanya.
“a” ialah lampu indikator.

Pada gambar (C) tampak cuilan dalam setrika. “b” ialah selongsong berlekuk elemen pemanas, dan “c” ialah lempengan kecil automatic-iron.

Gambar (D) memperlihatkan setelan kelenturan automatic-iron.

Pada gambar (E) diperlihatkan cuilan tumpukan di antara leaf-switch. “e” ialah kontak leaf-switch yang tersembunyi di cuilan bawah.

Kerusakan umum setrika listrik dan cara memperbaikinya.
Umumnya setrika listrik otomatis memiliki kerusakan-kerusakan sebagai berikut :
  • 1.Tidak panas, lampu indikator tidak menyala
  • 2.Tidak panas, tetapi lampu indikator menyala
  • 3.Kadang-kadang panas adakala tidak
  • 4.Fungsi otomatis tidak bekerja sehingga setrika menjadi terlalu panas.
Kerusakan pada poin pertama biasa disebabkan oleh putusnya kabel AC dan ini merupakan kerusakan yang paling sering terjadi.
Untuk memastikannya kabel AC setrika perlu di-test, yaitu dengan memakai AVO-meter pada posisi OhmX1.  Setiap ujung dari kabel AC di-test apakah tersambung ke ujung lainnya. Biasanya salah satu cuilan di dalam kabel AC itu ada yang putus.
Jika sudah sanggup dipastikan bahwa di dalam kabel AC sudah ada yang putus, ganti saja dengan yang baru.
Perhatikanlah bahwa kabel AC setrika berbeda dengan kabel AC perangkat elektronik lainnya.  Ia memiliki lapisan pelindung panas di sepanjang cuilan luarnya, lantaran itu kabel AC setrika ialah khusus, jikalau rusak tidak bisa diganti dengan sembarang kabel AC.
Penyebab lain kerusakan pada poin pertama ialah buruknya kondisi kontak leaf-switch.
Kondisi kontak leaf-switch yang buruk bisa diperbaiki dengan cara menyelipkan amplas halus di antara kedua cuilan kontak (atas dan bawah) yang saling menempel, kemudian digosok-gosok perlahan.  Jika sudah dilakukan terhadap satu cuilan maka dilakukan kepada cuilan lainnya dengan cara membalik permukaan amplas kemudian digosok-gosok lagi.  Setelah cukup, ada baiknya cuilan kontak leaf-switch itu disemprot sedikit dengan pembersih kontak (contact-cleaner).
Perlu dicatat bahwa masalah kontak leaf-switch yang buruk sangat jarang terjadi pada setrika-setrika keluaran brand terkenal. Ini biasanya terjadi pada setrika-setrika murahan dengan kwalitas leaf-switch yang tidak prima.

Kemungkinan kerusakan pada poin kedua hanya bisa disebabkan oleh satu hal : Elemen pemanas yang sudah rusak (putus).
Elemen pemanas sanggup di-test dengan AVO-meter pada posisi OhmX1, taruh kedua ujung tuas tester di kedua terminal sambungan elemen pemanas.  Jika jarum penunjuk bergerak berarti elemen pemanas masih baik, tetapi jikalau tidak bergerak maka berarti elemen pemanas sudah rusak.
Elemen pemanas bisa diganti lantaran dijual di toko-toko listrik/parts elektronik, yang penting bentuknya harus sama biar bisa ditempatkan dengan sempurna di alur daerah duduknya.
Mencabut elemen pemanas sanggup dilakukan dengan obeng minus yang tipis tetapi kuat, yaitu dengan mencongkelnya dari cuilan tepi daerah duduknya sedikit-demi sedikit hingga semuanya keluar. Melakukannnya harus hati-hati biar alur daerah duduk elemen pemanas tidak menjadi cacat.

Kerusakan pada poin ketiga sanggup disebabkan oleh dua hal, yaitu kabel AC yang sudah mulai buruk cuilan dalamnya atau buruknya kontak leaf-switch.  Ketika setrika bisa panas pastilah disertai dengan menyalanya lampu indikator lantaran lampu indikator ini paralel eksklusif dengan elemen pemanas.  Untuk mengatasi problem kabel AC dan kontak leaf-switch sudah dijelaskan di cuilan sebelumnya di atas.

Kerusakan pada poin keempat bisa disebabkan lantaran rusaknya leaf-switch atau setelan batas kelenturan automatic-iron telah berubah.
Leaf-switch yang rusak tidak bisa diganti lantaran tidak dijual di pasaran.  Jika masih ingin menciptakan setrika sanggup berfungsi kembali maka harus dicari leaf-switch bekas dari setrika listrik yang lain yang mungkin sudah tidak sanggup diperbaiki lagi, tetapi cuilan leaf-switch-nya masih baik.  Hati-hati dikala membuka bagian-bagian yang menumpuk di atas leaf-switch.  Pisahkan satu demi satu secara perlahan dan ingatlah posisinya semula, jangan hingga lupa dikala akan memasangnya kembali.  Ada satu batangan kecil setebal lidi, pendek dan berwarna putih yang merupakan penghubung secara fisik antara automatic-iron dengan leaf-switch terdapat di antara celah di cuilan itu.  Batangan putih kecil ini tidak boleh hilang, jikalau hilang maka fungsi otomatis setrika tidak akan sanggup difungsikan lagi.

Setelan kelenturan automatic-iron jikalau berubah sanggup disetel ulang dengan obeng minus miniatur.  Caranya ialah sebagai berikut :
Gunakan AVO-meter pada posisi OhmX1, tempatkan kedua tuasnya pada terminal 1 dan 2 (lihat gambar cuilan A atau C di atas).  Putar pengatur panas setrika hingga ke posisi paling kiri (minimum), dalam posisi ini jarum penunjuk AVO-meter tidak boleh bergerak.  Jika ternyata bergerak setel ulang pengatur kelenturan automatic-iron dengan obeng minus miniatur, putar perlahan hingga posisi yang sempurna di mana terlihat jarum AVO-meter tidak lagi bergerak.

Happy repairing!

Posting Komentar untuk "Memperbaiki Setrika Listrik"