Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Lcd Monitor Lg Flatron Yang Susah Dihidupkan

WSB dikeluhkan oleh pemiliknya belakangan ini susah dihidupkan Memperbaiki LCD Monitor LG Flatron yang susah dihidupkan
Sebuah LCD monitor LG type L177WSB dikeluhkan oleh pemiliknya belakangan ini susah dihidupkan. Jika sudah dimatikan dan hendak dihidupkan kembali harus menekan tombol power berkali-kali (bisa hingga 15-20 kali) barulah dapat hidup.
Setelah kap epilog monitor dibuka dan dilakukan pengecekan, tampaklah dua dari tiga elco filter pada bab power-supply dicurigai rusak. Hal ini tampak secara kasat mata di mana elco-elco tersebut menggembung bab atasnya. Elco-elco tersebut berkapasitas 680uF/25V.
Mengapa dapat demikian?

Elco filter (kondensator perata) di dalam sirkit penyearah berfungsi meredam kerut-kerut tegangan (ripple voltage). Setelah tegangan DC hasil penyearahan difilterisasi oleh kondensator, maka ripple akan menurun, efeknya tegangan DC terukur akan naik sekitar 1,4 kali dari angka tegangan AC sebelum disearahkan. Tentang ini telah dijelaskan secara detil dalam : Penyearahan Setengah Gelombang Dengan Kondensator Perata .

WSB dikeluhkan oleh pemiliknya belakangan ini susah dihidupkan Memperbaiki LCD Monitor LG Flatron yang susah dihidupkan

Apabila kondensator perata mengalami kerusakan, fungsinya menjadi abnormal, dan hasil peredaman terhadap ripple pun menjadi berkurang. Tegangan DC yang terukur pun akan turun pula.
Inilah yang mengakibatkan rangkaian kontrol digital menjadi error, di mana salah satu fungsinya ialah sebagai pengontrol on-off pada modul power-supply (SMPS).
Setelah elco-elco yang dicurigai rusak diganti, monitor pun kembali normal.
Namun untuk mengusahakan stabilitas dalam waktu lebih lama, elco filter 680uF/25 yang lainpun turut diganti pula.

Happy repairing!

Posting Komentar untuk "Memperbaiki Lcd Monitor Lg Flatron Yang Susah Dihidupkan"