Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Resistor Dari Batang Pinsil

Resistor dengan nilai resistansi di luar standar adakalanya diharapkan Membuat Resistor Dari Batang Pinsil
Resistor dengan nilai resistansi di luar standar adakalanya diperlukan. Jika malas untuk menghitung-hitung dan merangkai beberapa resistor standar yang ada biar didapatkan nilai resistansi yang diinginkan, sanggup juga dicoba cara yang satu ini, yaitu dengan menciptakan sendiri resistor memakai pecahan dalam pinsil.

Pinsil kayu untuk menulis, pecahan dalamnya ternyata dibentuk dari materi utama karbon. Karena itu ia sanggup dimanfaatkan sebagai resistor.
Resistor dengan nilai resistansi mulai dari beberapa Ohm sampai beberapa puluh Ohm sanggup dibentuk dengan gampang memakai batang karbon pecahan dalam pinsil. Tidak perlu pinsil gres yang panjang, yang penting yaitu pecahan dalamnya masih utuh meskipun pendek saja.
Caranya yaitu sebagai berikut :
  • Pecahkan kayu pinsil sampai batang karbon kecil pada pecahan dalamnya terpisah. Ambil batang karbon pinsil tersebut dan potong beberapa centimeter.
    Ambil serabut pecahan dalam dari sepotong kabel ukuran kecil yang berserabut. Buatlah dua pecahan potongan yang masing-masingnya sekitar 3 centimeter.
  • Tautkan satu pecahan serabut kabel pada salah satu ujung batang karbon pinsil dan dipilin dengan erat. Satu pecahan serabut kabel lainnya ditautkan pada ujung batang karbon yang sebelahnya dan kemudian dipilin dengan bersahabat juga. Kini, resistor telah jadi dan dua serabut kabel menjadi dua kaki elektrodanya.
  • Gunakan AVO-meter pada posisi Ohm X1 dan ukur resistansi yang dihasilkan. Atur-atur jarak antara dua serabut kabel untuk mendapat nilai resistansi yang diinginkan. Semakin pendek jaraknya maka akan semakin kecil nilai resistansi yang didapatkan.
Resistor dengan nilai resistansi di luar standar adakalanya diharapkan Membuat Resistor Dari Batang Pinsil

Untuk mendapat nilai resistansi yang semakin besar diharapkan batang karbon pinsil yang semakin panjang pula.
Perlu dicatat di sini bahwa tidak semua batang karbon pinsil memiliki resistansi yang serupa. Ada perbedaan antara pinsil jenis HB, 2B, 3B atau yang lainnya, sebab itu diharapkan percobaan-percobaan untuk mendapat hasil biar sesuai dengan yang diinginkan.
Pada pola yang telah dibuat, didapatkan nilai resistansi sebesar 7,5Ω dari batang karbon pinsil HB sepanjang 2cm. Setelah pembuatan resistor dianggap telah selesai, setiap pecahan serabut kabel yang tertaut kepada batang karbon pinsil sanggup ditutup/dilapisi dengan lem bakar atau (yang terbaik) memakai lem Dextone.
Ada yang mau coba?

Happy learning!

Tulisan lain sehubungan dengan resistor :
Mengenal resistor
Jenis-jenis resistor .

Posting Komentar untuk "Membuat Resistor Dari Batang Pinsil"