Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekwensi

Istilah frekwensi hanya terdapat di dalam gelombang listrik yang berbentuk AC.
Lihat sebelumnya ulasan wacana AC dalam : Mengenal AC .
Frekwensi yakni banyaknya siklus atau periode gelombang (cycle) yang terjadi dalam waktu satu detik (second).  Satuan frekwensi yakni Hertz (Hz).
1THz (TetraHertz) = 1000GHz (GigaHertz)
1GHz = 1000MHz (MegaHertz)
1Mhz = 1000kHz (kiloHertz)
1kHz = 1000Hz.
Satu siklus atau satu periode gelombang yakni munculnya satu kali tegangan positif dan satu kali tegangan negatif.   Apabila berlangsungnya satu siklus atau satu periode ini memerlukan waktu satu detik, maka dikatakan frekwensi gelombang AC itu yakni 1Hz.  Apabila selama waktu satu detik terjadi sepuluh siklus maka dikatakan frekwensinya yakni 10Hz.  Apabila selama satu detik terjadi seratus siklus berarti 100Hz, dan seterusnya.

Gelombang listrik memiliki bentuk kurva tegangan yang bermacam-macam.  Yang paling umum dinyatakan satuan intensitas siklusnya dengan frekwensi yakni gelombang listrik yang berbentuk sinus (sinusoidal-wave).  Bentuk kurva tegangan gelombang listrik sinus digambarkan sebagai berikut :

 hanya terdapat di dalam gelombang listrik yang berbentuk AC Frekwensi

A yakni pecahan tegangan positif, yaitu bentuk kurva tegangan positif yang muncul dalam setengah siklus gelombang.  B yakni pecahan tegangan negatif, yaitu bentuk kurva tegangan negatif yang muncul dalam setengah siklus gelombang berikutnya.
Kemunculan pecahan tegangan positif dan pecahan tegangan negatif ini terjadi selama waktu t.
Banyak gelombang listrik AC yakni gelombang listrik yang berbentuk sinus, di antaranya yakni : Listrik AC di rumah (dengan frekwensi 50Hz dan tegangan 220V), sinyal audio alamiah (sinyal ac kompleks dari bunyi manusia, binatang, atau musik dalam range frekwensi yang terdengar oleh manusia), sinyal radio termodulasi AM atau FM yang dipancarkan melalui antena, dan lain-lain.

Frekwensi dan panjang gelombang.
Setiap frekwensi dengan satuan besarannya merambat dengan panjang gelombang tertentu. Panjang gelombang yakni panjangnya sebuah gelombang dalam satu siklus dikala merambat terkait dengan frekwensinya.
Panjang gelombang disimbolkan dengan λ (Lambda) dan didefinisikan dengan :

λ = 300.000.000 / f

λ yakni panjang gelombang dalam satuan meter
angka 300.000.000 yakni kecepatan gerak elektron dalam meter/second (m/s)
f yakni frekwensi dalam satuan Hz.

Satuan panjang gelombang menjadi penting dalam tekhnik transmisi radio untuk memperoleh hitungan yang sempurna konstruksi antena, baik antena pemancar maupun antena penerimanya.

Pengelompokan frekwensi.
Frekwensi dikelompokkan menurut sifat-sifatnya sebagai berikut :
  • Frekwensi di bawah 20Hz disebut frekwensi Sub-Sonic, yaitu frekwensi yang sangat rendah.  Frekwensi ini tidak sanggup didengar oleh manusia, hanya sanggup dirasakan sebagai sebuah getaran.
  • Frekwensi antara 20Hz hingga 20kHz disebut frekwensi Audio, yaitu frekwensi dalam batas indera pendengaran manusia.
  • Frekwensi antara 20kHz hingga mendekati 100kHz disebut frekwensi Ultrasonic. Frekwensi ini sudah tidak terdengar alasannya yakni di luar batas indera pendengaran manusia, tetapi masih didengar oleh hewan-hewan tertentu.
  • Frekwensi di atas 100kHz disebut dengan frekwensi radio, yaitu frekwensi yang sanggup merambat jauh di udara.
Frekwensi radio ini dibagi dalam beberapa kriteria atau pengelompokkan grup band menurut panjang gelombangnya, yaitu :
  • 100kHz hingga dengan 300kHz yakni frekwensi pada grup band LF (Low Frequency) disebut dengan gelombang kilometrik
  • 300kHz hingga dengan 3MHz yakni frekwensi pada grup band MF (Medium Frequency), disebut dengan gelombang hektometrik
  • 3Mhz hingga dengan 30Mhz yakni frekwensi pada grup band HF (High Frequency), disebut dengan gelombang dekametrik
  • 30Mhz hingga dengan 300Mhz yakni frekwensi pada grup band VHF (Very High Frequency), disebut dengan gelombang metrik
  • 300Mhz hingga dengan 3GHz yakni frekwensi pada grup band UHF (Ultra High Frequency), disebut dengan gelombang desimetrik
  • 3GHz hingga dengan 30GHz yakni frekwensi pada grup band SHF (Super High Frequency), disebut dengan gelombang centimetrik
  • 30GHz hingga dengan 300GHz yakni frekwensi pada grup band EHF (Extremely High Frequency), disebut dengan gelombang milimetrik
  • 300GHz hingga dengan 3THz yakni frekwensi pada grup band yang belum didefinisikan (mungkin alasannya yakni belum dimanfaatkan), disebut dengan gelombang desimilimetrik.


Happy learning!

Posting Komentar untuk "Frekwensi"