Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cobain Nih 5 Spot Wisata Adrenalin Yogyakarta dengan Bujet di Bawah Rp 3 juta!

Kalau lihat foto-foto liburan itu kok kayaknya bikin mupeng banget ya. Pemandangan gunung lah, hamparan pantai lah, birunya laut lah. Ngiler! 

Yang kayak gitu aja udah bikin ngiler, apalagi kalau lihat foto-foto liburan yang ‘gak biasa’. Misalnya, terbang pakai parasut keliling di atas pantai dan laut, maupun naik turun goa.

Buat para pecinta tantangan, wisata-wisata adrenalin seperti itu jadi impian yang menggebu. Cuma nih ya, udah jadi rahasia umum kalau aktivitas dan olahraga ekstrim itu bukan sesuatu yang murah.

Wajar kalau aktivitas ekstrim itu harganya juga ‘gak biasa’. Pasalnya, peralatan yang dipakai juga terbilang mahal, terlebih karena mengutamakan keselamatan.

Nah, kalau mau wisata adrenaline tanpa keluar duit sebanyak itu gimana dong?

Cobain aja wisata adrenalin Yogyakarta! Kita kasih contekan nih di 5 tempat yang menggelar aktivitas ekstrim.

Harganya masih terbilang masuk akal dibanding tempat-tempat wisata adrenaline lainnya. Ingat ya, jangan dibandingin dengan harga wisata yang biasanya. Kali ini kita ngebahas wisata yang anti mainstream!

Ohya, spot-spot wisata ini jauh dari kesan komersil ya, soalnya semua dibuat oleh rakyat dan untuk rakyat. Soal keamanan gak usah khawatir deh. Dijamin aman dan bikin ketagihan!

[Baca: 6 Aplikasi Buat Traveling Buat Yang Pengin City Hopping di Indonesia]

1. Serunya menjelajah Gunung Merapi

Tahu kan Gunung Merapi? Salah satu gunung berapi paling aktif di dunia ini ternyata menyimpan banyak spot buat dijelajahi.

wisata adrenalin yogyakarta

 Berwisata menyusuri sisa-sisa erupsi naik jip pasti seru banget

This is Indonesia, di mana bencana justru bisa membawa berkah. Setelah erupsi besar-besaran di 2010, meski awan panas dan lahar menghancurkan banyak rumah dan bangunan di sana, sejarah Merapi tersebut justru mendatangkan pemasukan untuk warga setempat.

Para warga justru kreatif dengan membuat atraksi berupa lava tour. Kamu bakal diajak bertualang menyusuri sisa-sisa erupsi menggunakan mobil jip atau motor trail.

Rute yang dijajal tergantung paket yang kamu pilih. Kamu bisa memilih tour satu jam hingga 3 jam. Objek-objeknya mencakup mengelilingi tambang batu, bunker tempat perlindungan lahar, museum dan pastinya, pemandangan spektakular Gunung Merapi itu sendiri.

Penyedia paket wisata sudah menyediakan segala perlengkapan yang dibutuhkan dan guide profesional. Paling disarankan kamu datang pas sunrise, jadi bisa lebih lama menikmati objek-objek di sana.

  • Harga paket tur long route 3 jam menggunakan jip = Rp 500 ribu (bisa patungan karena maksimum 4 orang)
  • Harga paket tur motor trail 3 jam = Rp 250 ribu (lengkap dengan guide dan peralatan)
  • Kontak Mas Heri 86 Merapi Jeep Tour Community di +6281390003736   

2. Paragliding sekaligus nonton sunset

Takut ketinggian? Kenapa gak coba atasi ketakutanmu dengan malah menjajal terbang? Kalau berani, siiihh… 

Cobain paragliding, alias paralayang. Olahraga terbang bebas dengan parasut ini seru dan dijamin bikin ketagihan.

wisata adrenalin yogyakarta

 Paragliding tentu gak bisa di sembarang tempat, dan pantai di pesisir selatan Yogyakarta ini pas banget

Nah, di Yogyakarta ada spot yang terkenal banget buat paragliding sekaligus menikmati sunset. Namanya Pantai Parangendog. Letaknya sekitar 30 km di selatan Yogyakarta.

Gak butuh lisensi atau latihan sebelum paragliding. Pasalnya kamu bakal didampingi sama instruktur profesional. Intinya kamu tinggal selfie buat pamer di Instagram, mengagumi alam sambil menikmati angin selatan yang kencang.

Setelah capek ‘terbang’, tinggal santai-santai di tebing Parangendog sambil menikmati sunset deh! Disarankan buat menjajal paragliding antara Desember – April. Pasalnya angin selatan lagi kenceng-kencengnya tuh.

Paragliding + Sunset = Rp 350 ribu

[Baca: 6 Cara Pesan Tiket Pesawat Murah Tanpa Membuat Dompetmu Crash Landing]

3. Susur Gua Jomblang

Gua Jomblang ini hanyalah salah satu dari ratusan gua yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Cuma dari sekian ratus gua tersebut, cuma Gua Jomblang yang menawarkan pengalaman wisata susur gua alias caving yang sureal!

Gua Jomblang memiliki mulut vertikal dengan kedalaman bervariasi. Paling dalam sekitar 80 meter. Buat masuk ke dalamnya, kamu harus turun dengan tali. Ada instruktur yang bertugas secara manual. Tapi sekali lagi, dijamin aman kok.

wisata adrenalin yogyakarta

 Sebuah tempat yang gak kayak di bumi

Ada empat jalur yang bisa kamu pilih. Tinggal konsultasi sama instruktur caving-nya saja. Tapi ingat, persiapkan fisik dan mental ya.

Caving Gua Jomblang = Rp 500 ribu

4. Cave Tubing di Kalisuci

Jarak Gua Kalisuci dari Jomblang ini lumayan deket. Kamu bisa menumpang mobil pick-up dari Jomblang ke Kalisuci. Soalnya kalau musim hujan treknya rada susah. Siap-siap bergumul dengan lumpur deh!

Cave tubing ini adalah wisata menyusuri sungai bawah tanah menggunakan ban dalam mobil. Mirip rafting sebenarnya, cuma gak ada jeramnya saja. Hanya sungai yang mengalir tenang dan keindahan gua.

wisata adrenalin yogyakarta

 Kalau terlalu ngeri dengan jeram, cave tubing dengan arus sungai yang tenang bisa jadi pilihan

Kamu bakal melewati tiga gua selama kurang lebih satu jam. Jangan lupa siapkan kamera Go-Pro-mu.

Cave Tubing Kalisuci = Rp 150 ribu

5. Jajal Keberanianmu Naik Gondola

Pantai Timang ini memiliki tebing karang yang fantastis. Terletak sekitar 60 km di selatan Yogyakarta, pantai ini jadi terkenal gara-gara ada atraksi gondola yang bisa mengantarkanmu menyeberang dari satu tebing ke tebing lain.

Pertama kali dibuat tahun 1997 oleh seorang warga sekitar, awalnya gondola ini dibuat untuk memudahkan nelayan sekitar untuk berburu lobster. Baru beberapa tahun belakangan ini deh, jadi hip banget.

Sebelum memasuki area Pantai Timang, biasanya ada retribusi dari warga sekitar. Retribusi ini bukan buat malakin kamu, tapi buat membantu membangun infrastruktur di sana. Maklum, jalanan menuju Pantai Timang rada rusak karena pemerintah belum terlalu memerhatikan.

wisata adrenalin yogyakarta

 Gak perlu takut, gondola ini aman. Kumpulkan nyali dulu sebelum menjajal

Biasanya ada jasa ojek dari warga sekitar juga buat mengantar kamu ke spot gondola. Kalau nggak mau ya tinggal tolak secara halus saja. No hard feeling!

Gondola Pantai Timang = Rp 200 ribu

Total akomodasi berapa nih?

Di Yogyakarta bisa dibilang masih banyak tempat yang murah dalam hal kuliner dan penginapan. Penginapan di Jl. Malioboro mulai dari Rp 75 ribu sampai Rp 500 ribu.

Kalau soal kuliner, harus pintar pilih-pilih spot. Jangan sungkan bertanya sama orang lokal atau kalau mau praktis pakai saja aplikasi TripAdvisor.

Nah, coba deh kita hitung-hitungan. Misalnya saja kamu mau menghabiskan waktu lima hari di Yogyakarta dengan rate penginapan Rp 200 ribu/malam.

Penginapan selama 5 hari: Rp 200 ribu x 5 = Rp 1 juta

Sewa motor: 5 hari x Rp 50 ribu = Rp 250 ribu

Wisata Lava Merapi dengan Jip atau trail = Rp 500 ribu

Paragliding + Sunset = Rp 350 ribu

Caving Gua Jomblang = Rp 500 ribu

Cave Tubing Kalisuci = Rp 150 ribu

Gondola Pantai Timang = Rp 200 ribu

Total = Rp 2.950.000,-

Itu belum termasuk biaya retribusi masuk tempat wisata dan jajanmu ya. Jangan ragu juga buat memberi tips buat warga yang bertugas di tempat-tempat wisata tersebut.

Ohya, selain lima atraksi wisata di atas, masih banyak lagi spot wisata adrenalin Yogyakarta. Cuma ya bakal jadi panjang artikelnya. Yang ada malah kamu gak jadi packing cuma gara-gara kelamaan baca artikel? Ayo, berangkaat!

[Baca: 4 Tempat Wisata di Indonesia yang Seharusnya Enggak Dijadiin Tempat Wisata Komersial!]

Image credit:

  • http://www.yogya-backpacker.com/wp-content/uploads/2015/10/yogya-backpacker_Jeep_Lava_Tour_Merapi_2.jpg
  • http://traveliciousindonesia.com/wp-content/uploads/2015/08/paragliding-over-parangtritis-beach.jpg
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9tKL30kHEjNsqInp_Rgt4fw_GNp69wHmWGGstKJpc43pTwkeapPs0zKoN0Qm_HBWRuG-FVfK5z1JaGsBvhFvxhRr5DdDWY0I4bcnYeUUA87pFX9x9nd5kMGTD0rJ6CjkEaCOq2Zax3Uxk/s640/jombang1.png
  • http://www.telusurindonesia.com/wp-content/uploads/2015/02/cave.jpg
  • http://ranselwisata.com/wp-content/uploads/2014/04/pantai-timang-gunung-kidul.jpg

Posting Komentar untuk "Cobain Nih 5 Spot Wisata Adrenalin Yogyakarta dengan Bujet di Bawah Rp 3 juta!"