Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Hewan Peliharaan? Ini Cara Jaga Kesehatan Kulit Kucing dan Anjing Kamu

Kamu termasuk yang perhatikan gimana cara memandikan kucing dan anjing sebagai hewan peliharaan? Nah, kalau boleh tahu seberapa sering sih kamu memandikan kucing dan anjing di rumah?

Perlu banget lho kamu ketahui sebagai pecinta hewan peliharaan buat menjaga kesehatan kulit dengan memandikan kucing dan anjing. Kedua jenis hewan itu emang paling favorit sebagai hewan peliharaan kebanyakan orang di rumah baik di Indonesia maupun negara lain.

Seperti dikutip dari Okezone.com, kucing dan anjing emang memiliki karakter tenang dan sikap yang sangat ramah terhadap manusia. Dan gak herankan kalau kucing dan anjing menjadi hewan peliharaan favorit kebanyakan dari kamu.

Kalau kamu termasuk orang yang penyuka dan penyayang dua jenis hewan ini, mau gak mau pasti bakal memperhatikan kesehatan kulitnya bukan? Lalu, seberapa sering sih kamu memandikan kucing dan anjing kamu demi menjaga kesehatan kulit dan biar selalu wangi nih.

Pergi ke pet shop emang salah satu cara kamu buat memandikan kucing dan anjing. Asal kamu tahu nih, memandikan kucing dan anjing kalau bisa jangan terlalu sering lho.

Cukup sebulan sekali buat memandikan kucing dan anjing kamu

Memandikan kucing dan anjing kamu cukup sebulan sekali, (Ilustrasi/Shutterstock).

drh. Ayu Setiawati yang gak lain adalah seorang veterinarian dari Jakpets Vet Clinic, menegaskan kalau anjing dan kucing kamu gak perlu nih sering-sering buat dimandikan biar kelihatan bersih dan wangi. Idealnya sih, drh. Ayu Setiawati menyarankan agar memandikan kucing dan anjing kamu itu sebulan sekali, dan itu cukup banget.

“Kalau hewan idealnya tidak perlu mandi sering sering. Tergantung sama kulit mereka, jika sehat sehat mereka cukup mandi satu kali sebulan, kecuali kalo kulitnya bermasalah ada yang bisa mandi seminggu sekali. Masalah kulitnya seperti, jamuran, atau kulitnya lagi infeksi,” ujar drh. Ayu seperti dikutip dari Okezone.com, Minggu, (18/11/2018).

Pemilik hewan peliharaan juga mesti tahu jenis penyakit kucing dan anjing

Sebagai tuannya, kamu juga harus tahu lho jenis penyakit yang bakal menjangkit hewan peliharaan di rumah, (Ilustrasi/Shutterstock).

drh. Ayu juga menyarankan nih buat kamu-kamu yang emang punya hewan peliharaan seperti kucing dan anjing juga harus tahu jenis penyakit kulit yang rentan menyerang dua jenis hewan peliharaan tersebut. Jangan sampai jenis penyakit yang menyerang hewan peliharaan kamu itu juga menyerang si tuan peliharaan. Gak mau kan kamu terjangkit penyakit kulit dari hewan peliharaan sendiri?

“Infeksi kulit atau gatal gatal itu penyebabnya jamur dan tungau, karena kucing memiliki ringworm bisa menular pada manusia. Ada juga skabies, skabies itu gatal-gatal pada kulit,” jelasnya.

drh. Ayu selain membahas tentang penyakit kulit hewan peliharaan kamu, ia juga menjelaskan nih soal karakteristik anjing kecil seperti Pomeranian yang emang cenderung aktif dan berisik. Menurut drh. Ayu, karakter cerewet merupakan ciri khas hewan yang satu ini.

“Ini agak sulit memang, karena anjing anjing kecil cenderung lebih vokal, mereka biasanya lebih ekspresif kadang-kadang juga lebih protektif terhadap pemiliknya. Satu-satunya caranya supaya mereka tidak berisik adalah pemilik harus lebih disiplin dalam mendidik mereka. Jadi anjing di training dari kecil, jika anjing berisik atau menggonggong ke orang tidak dikenal kita harus bilang stop,” jelasnya lagi.

Buat kamu sebagai tuannya juga mesti melatih nih hewan peliharan itu nurut dengan yang si punya. Gak ada salahnya kok, kamu sebagai pemilik juga bisa melatih dan mendidik dua jenis hewan peliharaan tadi.

Cara melatih dan mendidiknya juga gak boleh pakai kekerasan lho ya. Kalau kamu mengajari hewan peliharaan dengan baik dan benar, pasti kucing dan anjing juga bakal nurut kok sama kamu.

Pemilik juga mesti tahu gimana cara merawat yang benar

Kamu juga mesti tahu gimana cara merawat yang baik dan benar hewan peliharaan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gimana nih setelah membaca artikel di atas, kamu mendapatkan ilmu gak? Sebagai penyuka hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, mau gak mau kamu sebagai pemilik juga mesti tahu gimana cara merawatnya.

Memandikan kucing dan anjing emang perlu banget sih, apalagi kalau kedua jenis hewan itu berada di dalam rumah kamu nih. Kebersihan kulit hewan peliharaan kamu emang sangat perlu.

Kira-kira berapa sih bujet buat memandikan kucing dan anjing kamu? Biasanya sih setiap pet shop punya patokan harga tersendiri. Misalkan buat jenis anjing kecil kamu cuma perlu mengeluarkan bujet kisaran Rp 100 ribu. Buat jenis anjing yang berbadan besar itu kisaran Rp 150 ribuan.

Buat kucing biasanya kisaran Rp 100 ribu, itu udah sama obat kutu ya. Biasanya obat kutu buat kucing itu harganya kisaran Rp 85 ribuan. Cukup sebulan sekali kok kamu memandikan kucing dan anjing kamu ke pet shop.

Oh iya satu lagi nih, kalau kamu penyuka kucing kalau bisa hindarkan pemotongan bulu terhadap hewan peliharaan ini. Karena mencukur bulu pada kucing itu membuat hewan peliharaan kamu ini bakal stress lho.

Jadi sebagai pemilhara kucing dan anjing jangan cuma mau meliharanya aja ya. Kamu juga mesti tahu jenis makanan, jenis obat dan gimana cara merawat si makhluk-makhluk kecil ini dengan baik. Jadi silahkan mencoba ya. (Editor: Mahardian Prawira).

 

Posting Komentar untuk "Punya Hewan Peliharaan? Ini Cara Jaga Kesehatan Kulit Kucing dan Anjing Kamu"