Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seharga Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah, Ini Peninggalan Stephen Hawking

Barang-barang peninggalan mendiang Professor Stephen Hawking telah dilelang saat ini. Dan harganya pun gak murah karena total semua barang yang dilelang mencapai 881.500 poundsterling atau sekitar Rp 16,6 miliar!

Bukan rahasia lagi, ahli metafisika dan kosmologi ini adalah salah satu dari 10 ilmuan terkaya di dunia. Total kekayaan pria yang tutup usia di umur 76 tahun ini mencapai US$ 20 juta alias Rp 294 miliar!

Penasaran dengan harga barang-barang Hawking yang dilelang miliaran Rupiah? Yuk kita cari tahu lebih lanjut di bawah ini.

1. Kursi roda – Rp 5,6 miliar

Semenjak tahun 1963, Professor Stephen Hawking memang selalu duduk di kursi roda.

Semenjak tahun 1963, Professor Stephen Hawking memang selalu duduk di kursi roda. Cukup sedih mendengar bahwa sang jenius itu menderita penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis alias ALS.

ALS telah membuat sel-sel saraf dalam otak dan sumsum tulang belakang mati secara perlahan. Walaupun divonis hanya bisa hidup dua tahun lagi, kenyataanya Hawking panjang umur hingga bisa memasuki usia kepala tujuh.

Kursi roda Hawking memang dipasang alat bantu bicara yang digunakan oleh Hawking. Suara Hawking memang hilang karena dia menderita Tracheotomy.

Dari alat bantuan kursi roda tersebut, Hawking bisa hidup. So, gak heran kalau ada orang kaya yang rela keluar duit Rp 5,6 miliar untuk membeli kursi roda tersebut.

Namun tampaknya, alat bantu bicara itu gak dipasang ketika kursi itu laris dilelang. Kabarnya kursi berwarna merah itu adalah kursi roda yang digunakan tahun 1980 hingga 1990-an. Dia berhenti menggunakannya karena tangannya gak lagi bisa memutar kemudi.

Karena di kursi inilah lahir karya-karya Hawking yang terkenal!

2. Jaket bomber – Rp 768 juta

Jaket bomber seharga ratusan juta.

Ternyata Professor Stephen Hawking punya selera berpakaian yang mirip Presiden Jokowi nih. Dia juga punya jaket bomber lho.

Kabarnya, jaket ini pernah dia pakai pada tahun 2016. Setelah dilelang, ternyata laris sampai US$ 52.200 alias Rp 768 juta.

Jaket bomber itu keren juga. Ada emblem bendera Inggris, dan di bawahnya ada emblem seperti logo angkatan udara yang bertulisan Prof. S. Hawking.

3. Buku A Brief History of Time – Rp 1,3 miliar

Buku ini adalah karya tulis terhebat dari Professor Stephen Hawking yang meluncur pada tahun 1988.

Buku ini adalah karya tulis terhebat dari Professor Stephen Hawking yang meluncur pada tahun 1988. Hanya dalam waktu yang singkat, buku itu terjual sebanyak 10 juta kopi dalam 20 tahun lho.

Intinya, buku ini mencoba mempopulerkan ilmu studi tentang fisika dan perbintangan. Tentunya, gak sedikit kolektor yang memburu buku ini.

Buku A Brief History of Time yang laris Rp 1,3 miliar memang berbeda dari buku serupa yang dijual di pasaran. Mengapa demikian? Karena di buku tersebut ada cap jempol sang professor.

Baiklah, kalau begitu sih wajar saja dong kalau harganya mahal.

4. Skrip film kartun The Simpson – Rp 120 juta

The Simpsons.

Selain buku, kabarnya ada pula skrip film kartun The Simpson yang asli. Dan kabarnya, skrip itu laris US$ 8.160 atau sekitar Rp 120 jutaan.

Hawking memang pernah muncul dalam film kartun animasi asal Amerika Serikat ini. Lebih tepatnya pada tahun 1999 di Episode: They Saved Lisa’s Brain.

Hawking tampak berbincang dengan Homer ketika membicarakan teori alam semesta. Sementara itu di episode lain di serial kartun itu, Hawking disebut orang terpintar di dunia karena IQnya 280.

5. Tesis – Rp 11 miliar

Tesis seharga miliaran rupiah.

Benda ini mungkin jadi benda termahal milik Professor Stephen Hawking yang laris dalam lelang. Apalagi kalau bukan tesis doktoralnya tentang asal-usul alam semesta.

Wajar saja kalau seseorang nekat keluar duit sebanyak itu. Ini merupakan benda yang paling bersejarah di antara yang lain.

Dan kabarnya, makalah ilmiah Hawking seperti “Spectrum of Wormholes” dan “Fundamental Breakdown of Physics in Gravitational Collapse” juga dilelang. Akan tetapi, gak ada informasi soal harga-harga makalah tersebut.

Itulah lima barang milik Professor Stephen Hawking yang dilelang hingga miliaran Rupiah. Jika kamu punya duit banyak, apakah kamu juga bakal membelinya karena ngefans dengan beliau?Atau mending dipakai untuk hal lain saja uangnya? (Editor: Winda Destiana Putri).

Posting Komentar untuk "Seharga Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah, Ini Peninggalan Stephen Hawking"