Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Lho Tips BPOM Biar Gak Beli Kosmetik Palsu yang Bisa Merusak Kulit

Kosmetik palsu atau ilegal emang udah marak banget beredar di pasaran sejak dulu. Nah, buat kamu yang emang suka dengan make up mesti hati-hati dalam pemilihan kosmetik biar gak pakai produk palsu.

Biasanya di mana sih kalian beli kosmetik asli? Ya kalau gak di store resmi atau e-commerce. Nah, biar gak gak salah beli, sebaiknya kamu mesti hati-hati nih dengan maraknya beredar kosmetik palsu.

Baca juga: Gak Sampai Rp 10 Ribu, Kosmetik Jadul Ini Masih Laris Manis

Jangan sampai kamu kedapatan beli kosmetik palsu yang bakal membahayakan kesehatan kulit. Sayangkan kalau kulit kamu rusak karena kosmetik palsu dan mau gak mau mesti pergi ke dokter dan mengeluarkan uang banyak buat biaya pengobatan.

Seperti dikutip dari Suara.com, kosmetik palsu emang saat ini beredar liar banget di pasaran. Dengan harga yang murah tapi kamu gak tahu apa isi kandungan kosmetik palsu tersebut.

Baca juga: Dibayar Mahal, 5 Artis Ini Malah Doyan Pakai Kosmetik Murah Lho

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan tips nih agar kamu gak beli kosmetik palsu yang ada di pasaran saat ini. Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Mayaagustina Andarini menyarankan agar kamu sebagai pembeli dan pelanggan mesti tahu gimana caranya menghindari produk kosmetik palsu.

Cek tanggal kadaluarsa dan kemasan

Perhatikan tanggal kadaluarsa dan kemasan kosmetik, (Ilustrasi/Shutterstock).

Yang mesti diperhatikan oleh kamu adalah semboyan cek KLIP, yakni cek kemasan, Label, Izin edar dan Kadaluarsa produk kosmetik yang bakal dipakai sehari-hari.

“Bahkan nama perusahaan dari yang memproduksi produk itu harus ditulis lengkap sampai nama jalannya. Kalau tidak lengkap jangan dibeli,” ujarnya seperti yang dikutip dari Suara.com, Minggu, (25/11/2018).

Baca juga: Ladies, Belanja Kosmetik Online di 5 Situs Ini Aja Biar Aman!

Baru-baru ini, BPOM menggalakkan kampanye “Cerdas Memilih dan Menggunakan Kosmetik Aman dan Bermutu” yang digelar di halaman parkir Pusat Grosir Asemka, Tambora, Jakarta Barat. Nah, kampanye ini emang sengaja diadakan di Pasar Asemka, mengingat pasar ini merupakan salah satu pusat grosir kosmetik di Jakarta.

Cara BPOM ini bagus lho buat-buat kamu yang emang doyan kosmetik. Sebagai pelanggan, kamu mesti tahu lho gimana cara yang bijak dalam memilih kosmetik biar gak beli yang palsu.

“Kami mendekati melalui konsumen, pedagang serta masyarakat untuk mengajak bagaimana mereka bisa memenuhi dan melindungi diri dari kosmetik yang tidak standar,” tambahnya.

Yang suka beli kosmetik secara online juga mesti hati-hati

Buat kamu yang suka beli kosmetik di online shop mesti juga perhatikan segala sesuatunya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma mendatangi lokasi Pasar Asemka, BPOM juga bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo). Kenapa? BPOM ternyata juga turut mengawasi penjualan kosmetik palsu yang diperjualbeli secara online lho.

“Kami juga sudah kerja sama dengan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia) untuk melakukan pemblokiran terhadap toko online kosmetik ilegal,” pungkasnya.

Nah, gimana nih informasi di atas? Semoga bermanfaat banget ya buat kamu yang suka beli kosmetik. Jangan sampai beli kosmetik palsu yang harganya jauh lebih murah.

Gak cuma itu kamu juga mesti cek izin produksi dan tanggal kadaluarsanya ya. Kasihan kalau kamu kedapatan beli kosmetik palsu.

Biasanya emang kosmetik palsu bakal dijual dengan harga yang sangat murah. Jadi mau tampil cantik dan gaya, kamu mesti perhatikan kesehatan kulit jangan sampai beli yang palsu ya.

Sebisa mungkin kamu beli di toko resmi atau apotek ya. Buat kamu yang suka beli kosmetik di online shop atau e-commerce juga mesti perhatikan jangan sampai udah beli tapi dapat produk kosmetik palsu. (Editor: Mahardian Prawira).

Posting Komentar untuk "Ini Lho Tips BPOM Biar Gak Beli Kosmetik Palsu yang Bisa Merusak Kulit"