Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Lho Rahasianya Mengapa Orang Bisa Meraih Kesuksesan dalam Berkarier

Banyak orang yang penasaran kenapa ada orang yang bisa berada di puncak kesuksesan dan ada juga yang sulit menuju ke sana. Jawaban buat pertanyaan tersebut sebenarnya sederhana aja, yaitu etos kerja.

Bukan rahasia lagi kalau orang-orang sukses punya etos kerja yang luar biasa. Sayangnya, belum banyak yang menyakini betapa pentingnya sikap-sikap ini buat dimiliki.

Asal tahu aja nih, etos kerja itu membantu banget dirimu buat menghadapi rintangan-rintangan yang datang menghadang dalam perjalanan kariermu. Selain menjadi penguat, etos kerja juga menjadi daya dorong yang bikin kamu terus melangkah maju buat mencapai tujuanmu.

Baca juga: Kena PHK?, Ini Daftar Tunjangan yang Berhak Kamu Dapatkan!

Nah, pertanyaannya adalah etos kerja seperti apa yang harus dimiliki? Buat menjawab pertanyaan ini, Moneysmart udah merangkum nih yang dikutip dari Entrepreneur. Yuk, disimak bareng-bareng.

1. Bersikap profesional

Punya sikap profesional bisa membantu perkembangan karier kamu, (Ilustrasi/unsplash.com).

Etos kerja yang satu ini pastinya udah banyak yang tahu, termasuk juga kamu. Faktanya nih bersikap profesional emang senjata yang ampuh buat memenangkan persaingan di dunia kerja.

Baca juga: Gak Cuma Kocak! 6 Pantun Betawi Ini Bakar Semangat Kerja Biar Kaya

Perusahaan tentu aja mencari sosok profesional karena dipandang sangat berguna buat mewujudkan tujuan perusahaan. Sebab orang yang profesional paling bisa dipercaya dalam menyelesaikan proyek-proyek perusahaan.

Buat menjadi profesional, kamu gak cuma dituntut menguasai kemampuan atau skill tertentu, tapi juga punya sikap-sikap, seperti menghargai waktu, punya integritas, hingga mengikuti aturan-aturan yang berlaku di perusahaan.

2. Selalu menunjukkan respek

Punya sikap respek termasuk etos kerja yang sangat dibutuhkan, (Ilustrasi/unsplash.com).

Orang yang selalu menunjukkan respek adalah orang yang paling disenangi. Gak heran kalau orang tersebut disenangi di dunia kerja.

Lagi pula siapa sih yang gak senang dihargai? Setiap orang pasti merasa berharga karena dirinya dapat respek. Dengan menunjukkan etos kerja ini, kamu udah mendorong terciptanya lingkungan kerja yang nyaman yang pada akhirnya mendorong naiknya produktivitas.

Apalagi kalau kamu mendapat titel sebagai leader di tempat kamu bekerja. Menunjukkan repek itu perlu banget agar tim yang kamu pimpin bisa memberi hasil yang optimal. Dengan begitu, nanti hasilnya memberi kontribusi signifikan buat perusahaan.

3. Selalu bisa diandalkan

Cobalah jadi orang yang bisa diandalkan dalam bekerja, (Ilustrasi/unsplash.com).

Kalau kamu punya etos kerja ini, udah jaminan deh karier bakalan moncer. Udah gitu kamu menjadi salah satu orang yang potensial dan layak dipertahankan.

Jangan heran kalau ada orang yang punya etos ini susah sekali keluar dari perusahaan. Sebab perusahaan selalu menahannya dengan memberi tawaran yang menarik.

Menjadi orang yang bisa diandalkan bisa dimulai dari menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik. Terus memahami pekerjaan walaupun minim instruksi atau petunjuk yang didapat. Juga punya inisiatif tinggi dan menjadi problem solver buat setiap masalah yang muncul.

4. Punya dedikasi

Memiliki dedikasi di kantor salah satu etos kerja yang membantu kelangsungan karier, (Ilustrasi/unsplash.com).

Orang yang bisa diandalkan adalah orang yang punya dedikasi. Cara mengenali orang yang punya dedikasi itu mudah. Orang yang berdedikasi bakal gak pernah menyelesaikan pekerjaan setengah-setengah. Ia gak bakal menyerah sebelum tujuannya tercapai.

Orang-orang yang punya etos kerja ini paling berperan dalam kemajuan perusahaan. Bayangkan aja mereka mau belajar dan memperbaiki setiap kesalahan yang dilakukan. Gak heran kalau orang yang punya dedikasi selalu unggul dibanding yang lainnya.

5. Terus berusaha sekuat tenaga

Berusaha sekuat tenaga salah satu etos kerja yang baik dalam kantor, (Ilustrasi/unsplash.com).

Orang yang memiliki etos kerja ini gak kenal kata menyerah. Demi mencapai tujuannya, mereka terus berusaha dan enggan berhenti sebelum tercapai.

Setiap tantangan yang dihadapi selalu bisa diselesaikan dengan pemecahan yang kreatif dan inovatif. Malahan tantangan tersebut gak dipandang sebagai beban. Makanya orang-orang yang memiliki etos kerja ini antusias dalam menghadapi tantangan yang ada.

6. Punya akuntabilitas

Nah, kalau yang ini perlu banget buat kamu biar pengetahuan semakin luas, (Ilustrasi/unsplash.com).

Kamu pastinya sering dengar kata akuntabilitas karena menyaksikan berita atau membacanya di media online. Nyatanya nih akuntabilitas itu perlu banget ada buat kemajuan kariermu.

Akuntabilitas ini bisa disamakan dengan sikap bertanggung jawab. Jadi, melaksanakan kewajiban dengan tanggung jawab udah cukup membuktikan kalau kamu mempunyai akuntabilitas.

Terus mengakui kesalahan yang benar-benar diperbuat udah cukup membuktikan adanya akuntabilitas dalam dirimu. Bahkan, kesalahan tersebut dijadikan bahan pembelajaran buat menjadi lebih baik dari sebelumnya.

7. Memiliki sikap yang rendah hati

Selalu bersikap rendah hati juga termasuk salah satu etos kerja yang baik, (Ilustrasi/unsplash.com).

Kalau belum ada, milikilah sekarang. Sikap rendah hati ternyata bisa bikin kamu berhasil dalam karier. Sikap rendah hati juga menjadi awalan seseorang buat mau belajar. Dengan begitu, banyak hal ilmu yang bisa diperoleh.

Etos kerja ini bisa ditunjukkan dengan mengakui dan menghargai hasil pekerjaan rekan kerja. Atau mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang udah bekerja keras. Dari sini orang bisa menilai, betapa berintegritasnya kamu.

Walaupun begitu, semua etos kerja yang diterangkan cuma bisa efektif buat dirimu asalkan kamu bersungguh-sungguh menghadirkannya dalam pekerjaan sekarang. Jadi, jangan pernah nanggung deh buat melakukannya kalau pengin sukses. (Editor: Mahardian Prawira).

Posting Komentar untuk "Ini Lho Rahasianya Mengapa Orang Bisa Meraih Kesuksesan dalam Berkarier"