Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gak Mesti Mahal dan Impor, Cemilan Sehat Ini Bisa Kamu Bikin di Rumah

Cemilan sehat saat ini emang udah banyak banget beredar di pasaran. Nah, buat kamu yang pengen nyemil cemilan sehat dan gak mahal bisa kok bikin di rumah lho.

Biasanya apa yang kamu makan buat cemilan? Makanan mengandung MSG atau serba gorengan. Makanan yang mengandung banyak MSG dan serba digoreng emang gak sehat banget buat tubuh.

Selain cemilan yang mengandung MSG emang gak sehat tapi saat ini udah banyak juga lho dengan label sebagai “cemilan sehat”. Ya, emang biasanya sedikit mahal sih harga yang ada di pasaran buat cemilan sehat.

Baca juga: Mau Tahu Jenis Teh Apa yang Paling Cocok Buat Cuaca Dingin?

Namanya juga cemilan sehat, ada istilah kalau “sehat itu mahal”. Biasanya apa sih yang kamu kudap saat jelang sore hari atau malam buat cemilan sehat?

Ya kalau gak granola, oatmeal atau cornflakes sebagai cemilan di sore atau malam hari demi menjaga bentuk badan dan kesehatan pastinya. Nah, buat kamu yang pengin makan-makanan cemilan sehat bisa kok bikin di rumah.

Buat bahan-bahannya juga gak susah-susah banget lho buat kamu peroleh. Mau tahu apa aja? Yuk, kita lihat bersama-sama yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini:

1. Pisang kukus

Pisang kukus bisa dibilang salah satu cemilan sehat yang pas, (Ilustrasi/pexels.com).

Nah, pisang kukus emang salah satu cemilan sehat yang udah melegenda banget. Buat bikin pisang kukus ini kamu bisa bikin di rumah.

Baca juga: Gak Kalah dengan Tom Yum, Soto Asal Indonesia Bakal Mendunia Juga Lho!

Caranya juga gampang kok, kamu tinggal beli jenis pisang kepok atau raja yang emang paling pas dijadikan pisang kukus. Modalnya juga gak mahal-mahal banget lho, cukup menyiapkan uang kisaran Rp 30 ribu kamu udah bisa beli bahannya yaitu pisang.

2. Ubi rebus

Ubi rebus juga kamu jadikan salah satu cemilan sehat, (Ilustrasi/pexels.com).

Ubi rebus juga salah satu cemilan sehat buat di sore dan malam hari nih. Selain teksturnya yang padat, ubi mengenyangkan perut lho.

Rasa manisnya juga alami jadi kamu gak perlu menambahkan gula pasir atau pemanis lainnya. Buat beli ubi mentahnya aja kamu cukup menyiapkan uang kisaran Rp 20 ribu.

Baca juga: Pengin Jajan Makanan Korea yang Murah dan Enak di Jakarta, Ini 5 Referensinya

Setelah mendapatkan bahan-bahannya kamu cukup cuci ubi lalu potong sesuai selera. Nah, habis itu kamu cukup didihkan air di dalam panci lalu rebus dengan waktu yang ditentukan sampai ubi matang.

3. Labu panggang

Labu kuning dengan cara dikukus juga bisa salah satu cemilan, (Ilustrasi/pexels.com).

Buat kamu yang mau makan cemilan sehat, labu kuning bisa jadi salah satu bahan pokoknya. Beli satu buah labu kuning dengan ukuran sedang di pasaran dengan kisaran harga Rp 25 ribu.

Nah, habis itu kamu potong labu lalu iris-iris menyerupai batang korek api. Setelah itu coba deh kamu letakkan di atas wadah yang pas buat di oven.

Balurin minyak dan sedikit garam lalu lada. Habis itu panggang sekitar 30 menitan di oven panas dengan suhu 220 derajat celcius.

4. Onion rings

Buat yang satu ini emang kamu sangat memerlukan minyak buat menggoreng. Nah, bikin onion ring seperti di restoran-restoran pada umumnya bisa lho.

Asalkan minyak yang kamu gunakan coba ganti minyak canola atau jagung. Kedua minyak ini jauh lebih sehat dan gak jenuh lho buat tubuh kamu.

Buat bikin onion rings ini kamu cukup beli tiga buah bawang bombay. Setelah itu coba deh kamu iris-iris lalu balurin dengan tepung terus goreng di dalam minyak panas.

Nah, gimana nih udah dapat gambaran belum buat bikin cemilan sehat? Buat beli bahan-bahan di atas emang gak susah-susah banget lho. Kamu bisa beli di pasar tradisional atau coba lihat di dalam kulkas rumah kamu.

Mau menikmati makan enak dengan cemilan sehat emang gak perlu beli yang impor apalagi merek mahal. Kamu bisa kok kreasikan gimana caranya biar kamu makan-makanan sehat.

Lagian kalau kamu bikin cemilan sehat di rumah, makanan yang dibuat gak mengandung bahan pengawet atau MSG. Jadi aman banget buat kamu yang lagi diet atau emang menjaga asupan kalori buat tubuh.

Mulai sekarang coba lebih pintar gimana menyenangkan diri kamu. Ya, misalkan dengan cemilan sehat yang dibuat di rumah. Gak perlu keluar banyak uang dan pastinya terjamin higenis dan sehat.

Jadi mau makan cemilan sehat gak perlu beli yang mahal-mahal apalagi memilih dengan kualitas impor. Bisa-bisa kantong kamu kebobolan. (Editor: Mahardian Prawira).

Posting Komentar untuk "Gak Mesti Mahal dan Impor, Cemilan Sehat Ini Bisa Kamu Bikin di Rumah"