Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Harta Bejibun, Pantas Aja Nama-Nama Ini Jadi Orang Terkaya Sejagat

Dari banyaknya orang kaya di dunia ini, beberapa dari mereka digolongkan sebagai orang terkaya di dunia. Udah pasti orang-orang tersebut punya harta yang bejibun banyaknya. Malahan, dikabarkan ada yang hartanya setara dengan pendapatan negara-negara kecil.

Seperti yang dilaporkan Forbes, ada 2.200 miliarder di dunia. Rata-rata yang punya kekayaan bejibun itu punya pekerjaan sebagai CEO teknologi hingga investor.

Dari pekerjaan mereka, kamu pasti udah punya bayangan siapa aja orang-orangnya. Buat memastikannya, cek yuk nama-nama orang terkaya di dunia tersebut dalam daftar berikut ini seperti dikutip dari Time.

1. Jeff Bezos, kekayaan: US$ 112 miliar / Rp 1.621 triliun

Salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos. (Instagram/@jeffbezos)
Salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos. (Instagram/@jeffbezos)

Kehebatan Amazon sebagai salah satu ecommerce raksasa di dunia mengantarkan pendiri sekaligus CEO-nya sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Malahan, dia jadi nomor satu buat saat ini.

Siapa lagi orangnya kalau bukan Jeff Bezos. Pria berkepala plontos ini patut diacungi jempol soal teknologi. Portal belanja online Amazon yang awalnya dibangun di sebuah garasi ini ternyata mengalami kemajuan dari waktu ke waktu.

Kabarnya nih Amazon ditaksir bernilai US$ 430 miliar. Sukses yang diraih Amazon inilah yang kemudian mendongkrak kekayaan Jeff Bezos.

Gak cuma punya Amazon, Bezos juga memiliki perusahaan ruang angkasa Blue Origin dan membeli The Washington Post tahun 2013 seharga $ 250 juta. Terus, dia membeli jaringan belanja kelas atas Whole Foods pada bulan Juni sekitar $ 13,7 miliar.

2. Bill Gates, kekayaan: US$ 90 miliar / Rp 1.303 triliun

Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates. (Instagram/@thisisbillgates)
Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates. (Instagram/@thisisbillgates)

Siapa sih yang gak kenal dengan bos Microsoft ini? Perusahaan perangkat lunak yang dibangunnya sukses besar dan bikin Bill Gates masuk daftar orang terkaya di dunia.

Walaupun pada akhirnya Bill Gates mundur dari kursi CEO Microsoft Corporation, hal tersebut gak lantas bikin kekayaannya merosot. Hingga kini ia masih punya pengaruh sebagai anggota dewan dan penasihat teknologi buat Microsoft.

Buat informasi aja nih, Bill Gates adalah salah satu orang terkaya yang gemar beramal. Ia bersama istrinya mendirikan Bill and Melinda Gates Foundation sebagai badan amal yang fokusnya mengakhiri penyakit menular di dunia, termasuk HIV/AIDS.

3. Warren Buffett, kekayaan: US$ 84 miliar / Rp 1.216 triliun

Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett. (Instagram/@warren_buffett_fans)
Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett. (Instagram/@warren_buffett_fans)

Orang yang satu ini dikenal sebagai suhunya para investor. Di usia 11 tahun, saat remaja seusianya lebih suka bermain, ia malah memilih bermain saham.

Apa yang dilakukannya sejak remaja tersebut ternyata bikin Warren Buffet menjadi orang terkaya di dunia lewat investasi. Atas kehebatannya tersebut, ia dijuluki sebagai Oracle of Omaha.

Gak cuma kecanggihannya dalam berinvestasi yang patut dicontoh, kebiasaannya yang selektif dalam belanja juga patut dicontoh. Alih-alih sarapan di restoran sekelas Sofia At The Gunawarman, Buffet malah membayar kurang dari US$ 4 dolar buat sarapan di McDonald.

4. Bernard Arnault, kekayaan: US$ 72 miliar / 1.042 triliun

Salah satu orang terkaya di dunia, Bernard Arnault. (Instagram/@officialbernard_arnault24)
Salah satu orang terkaya di dunia, Bernard Arnault. (Instagram/@officialbernard_arnault24)

Kamu tahu dong merek-merek terkenal seperti Bulgari, Louis Vuitton, Dom Perignon, dan Sephora? Kepopuleran merek-merek fashion tersebut gak lepas dari peran Bernard Arnault.

Memulai karier di bidang teknik, gak ada yang nyangka Bernard Arnault bakal sukses di dunia fashion. Dari penciptaan barang-barang branded hingga pembelian merek fashion, Arnault ternyata berhasil mengangkat dirinya sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

5. Mark Zuckerberg, kekayaan: US$ 71 miliar / Rp 1.028 triliun

Salah satu orang terkaya di dunia, Mark Zuckerberg. (Instagram/@Zuck)

Nama ini juga udah cukup populer alias dikenal banyak orang. Mark Zuckerberg bisa dibilang sebagai ikon kalau di usia muda siapa pun bisa sukses dan menjadi orang kaya, bahkan orang terkaya di dunia.

Mark merintis media sosial Facebook sejak 2004. Gak ada yang nyangka kalau kemunculannya berhasil ‘menyihir’ banyak orang hingga berhasil menggaet sebanyak 1,2 miliar pengguna. Inilah yang kemudian bikin Facebook menjadi perusahaan bernilai US$ 400 miliar.

Keberhasilan Facebook-lah yang kemudian bikin Mark Zuckerberg masuk daftar orang terkaya di dunia. Walaupun banyak harta, Zuckerberg dikenal murah hati. Ia juga seperti Bill Gates, senang beramal.

6. Amancio Ortega, kekayaan: US$ 70 miliar / Rp 1.013 triliun

Salah satu orang terkaya di dunia, Amancio Ortega. (Shutterstock)
Salah satu orang terkaya di dunia, Amancio Ortega. (Shutterstock)

Orang yang satu ini juga jadi orang terkaya di dunia karena terjun ke dunia fashion. Amancio Ortega sukses berkat grup fashion Inditex yang didirikannya. Kamu tahu toko pakaian Zara, kan? Nah, toko pakaian tersebut adalah bagian dari grup Inditex.

Hingga saat ini Ortega telah memiliki sekitar 7.000 toko di dunia. Keberhasilannya tersebut bikin dirinya punya kekayaan hingga US$ 70 miliar.

7. Carlos Slim Helu, kekayaan: US$ 67,1 miliar / Rp 971 triliun

Salah satu orang terkaya di dunia, Carlos Slim Helu. (Instagram)
Salah satu orang terkaya di dunia, Carlos Slim Helu. (Instagram)

Namanya masuk daftar orang terkaya di Meksiko sekaligus orang terkaya di dunia. Carlos Slim Helu adalah bos dari America Movil dan Grupo Carso.

Grup-grup usahanya tersebut membawahi perusahaan-perusahaan yang bergerak di banyak bidang, mulai dari ritel hingga telekomunikasi. Selain itu, grup ini juga membawahi sejumlah ritel dan restoran.

Slim sendiri sebenarnya udah kaya dari kecil. Ia mewarisi usaha-usaha yang dijalankan orang tuanya. Walaupun begitu, ia gak lantas terlena. Ia malah mendirikan usahanya sendiri yang bergerak dalam penyediaan asuransi, yaitu Inversora Bursatil.

Nah, udah tahu kan sekarang siapa aja orang terkaya di dunia saat ini? Ke depan bisa aja daftar ini berubah lho dan ada nama-nama baru yang muncul dalam daftar. Jadi, terus update ya informasinya di MoneySmart biar wawasanmu makin bertambah. (Editor: Ruben Setiawan)

Posting Komentar untuk "Punya Harta Bejibun, Pantas Aja Nama-Nama Ini Jadi Orang Terkaya Sejagat"