Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sulit Nabung Tapi Pengin Punya Simpanan Uang? Coba 4 Cara Menabung Ini

Banyak orang yang malas buat mulai menabung dengan alasan penghasilannya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebenarnya, banyak lho cara menabung yang bisa kamu lakukan, termasuk buat kamu yang merasa gak bisa menabung.

Dipikir-pikir, kalau memang niat mau nabung, sebenarnya uangnya ada aja. Gak percaya? Coba deh kamu hitung, berapa uang yang kamu keluarkan buat nongkrong di akhir minggu?

Ya, sebenarnya sih gak masalah juga mengeluarkan uang buat nongkrong bareng teman-teman di akhir minggu. Tapi, alangkah baiknya kalau uangnya kamu sisihkan juga buat nabung. Toh, itu buat kebaikan kamu juga.

Contohnya aja, kalau tiba-tiba ada kebutuhan mendesak yang mengharuskan kamu mengeluarkan uang. Kamu tentu gak mau kan, ribet kesana-kemari mencari pinjaman. Mending kalau dikasih pinjam, lah kalau jadi omongan doang kan malas banget. Iya kan?

Tapi gak perlu khawatir, karena MoneySmart pengin membagikan beberapa cara menabung yang mudah dan sederhana banget untuk kamu yang gak bisa nabung.

Gimana caranya? Berikut empat di antaranya:

1. Celengan

Nabung pakai celengan. (Shutterstock)
Nabung pakai celengan. (Shutterstock)

Cara menabung pertama yang bisa kamu lakukan adalah menabung di dalam celengan. Kamu bisa menyisihkan uang jajanmu setiap hari.

Untuk di awal, gak perlu dengan bujet yang gede. Kamu bisa mulai dengan menabung setiap hari sebesar Rp 10 ribu. Kalau kamu konsisten dan disiplin, maka dalam satu bulan kamu akan mendapatkan uang sekitar Rp 300 ribu.

Kalau mau lebih semangat, kamu bisa menabung dalam sebuah wadah yang bening dan kamu tempelkan gambar rumah, mobil atau apapun yang bisa memicu semangatmu untuk menabung.

Selain itu, disarankan agar kamu tidak menghitungnya setiap bulan. Dengan demikian, tahu-tahu uangmu udah beranak pinak.

2. Arisan

Arisan. (Shutterstock)
Arisan. (Shutterstock)

Kamu tentu udah familiar dengan nama arisan. Ya, hal ini biasa dilakukan oleh para ibu di lingkungan rumah. Terdengar kuno memang, tapi trik menabung arisan bisa dibilang mujarab banget lho terlebih buat kamu yang susah nabung.

Mengapa? Pasalnya, dengan arisan kamu mau gak mau harus mengeluarkan uang untuk membayar iuran arisan.

Kamu bisa memulainya dengan ikutan arisan di wilayah rumah kamu atau kamu bisa mengajak teman-teman untuk main arisan. Sembari menabung bisa sekalian menjaga silaturahmi juga kan?

3. Beli barang dengan nilai jual tinggi

Beli emas. (Shutterstock)
Beli emas. (Shutterstock)

Saat dapat rezeki nomplok, jangan habiskan uangmu cuma buat senang-senang doang. Kamu bisa menyisihkan uangmu untuk membeli barang yang memiliki nilai jual tinggi. Salah satu contohnya adalah emas batangan.

Sebenarnya sih gak ada salahnya juga kalau mau senang-senang. Tapi jangan sampai kebablasan karena cuma akan bikin kamu susah sendiri ke depannya.

Terus gimana kalau gak ada rezeki nomplok?

Tenang aja, kamu bisa kok mulai menabung dengan memanfaatkan celengan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Nah, setiap bulannya kamu bisa mengambil uang celenganmu itu, lalu dialokasikan untuk menabung emas yang ada di Pegadaian. Meski sedikit, tapi lama-lama bisa jadi bukit. Setuju?

4. Tabungan berjangka

Tabungan berjangka. (Shutterstock)
Tabungan berjangka. (Shutterstock)

Cara menabung terakhir yang bisa dilakukan buat kamu yang gak bisa nabung adalah dengan ikut tabungan berjangka.

Pasalnya, sebagian uang kamu setiap bulan akan ditarik secara otomatis oleh pihak bank untuk dialihkan ke tabungan berjangka.

Untuk nominal dan auto debit-nya bisa kamu tentukan sendiri. Berbeda dengan tabungan yang lain, produk perbankan ini memiliki tenor atau jangka waktu menabung yaitu mulai dari 12 bulan hingga 240 bulan.

Jadi, selama waktu tersebut, kamu gak bisa menarik tabungan kamu. Kalau pun ingin ditarik, maka akan dikenakan biaya penalti.

Karena itu, tabungan berjangka bisa menjadi salah satu solusi yang tepat buat kamu yang pengin menabung tapi merasa kesulitan.

Nah, itu dia empat cara menabung yang tepat buat kamu yang susah nabung. Gak terlalu sulit kan? Coba yuk, terapkan dari sekarang. (Editor: Ruben Setiawan)

Posting Komentar untuk "Sulit Nabung Tapi Pengin Punya Simpanan Uang? Coba 4 Cara Menabung Ini"