Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Liburan Saat Tahun Baru? Begini Cara Mudah Menabung yang Mudah

Banyak yang bilang tips menabung itu hanya sekadar teori yang pada kenyataannya terbilang sulit buat diterapkan. Nah, kamu yang pengin liburan saat tahun baru ada nih tips menabung yakin gak menyiksa.

Padahal sama sekali gak kok, karena inti dari menabung itu adalah niat dan konsisten. Hal itu didukung kalau kamu memiliki tujuan atau alasan kenapa perlu menabung.

Misalnya aja nih, kamu pengin liburan saat tahun baru yang tinggal menghitung hari atau ingin membeli mobil di beberapa tahun mendatang.

Baca juga: Tempat Wisata di Bandung yang Bikin Liburan Akhir Tahun Hemat dan Mengasyikkan

Dengan begitu, kamu jadi semakin semangat buat mengumpulkan pundi-pundi rupiahmu dari menabung. Kalau perlu, kamu print gambar tempat tujuan liburan kamu di sebuah wadah di mana kamu menyimpan uang.

Nah, berhubung kamu gak memiliki banyak waktu untuk menyisihkan uang kamu buat liburan saat tahun baru. Ada beberapa cara mudah yang tetap bisa kamu lakukan kok.

Tapi mungkin kamu gak bisa memilih tempat wisata yang jauh dan memakan bujet gede. Ya, yang penting saat tahun baru gak gigit jari di rumah.

Akan tetapi perlu diingat, saat tahun baru itu semua tempat wisata menaikkan harga dua bahkan tiga kali lipat. Karena itu, kamu perlu menyiapkan bujet dengan matang biar kantongmu gak kebobolan usai berlibur.

Baca juga: Berapa Bujet Liburan ke Korea Jika Kamu Bawa Anak? Cari Tahu di Sini

Gimana caranya? Berikut empat tips menabung buat kamu yang ingin liburan saat tahun baru yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id.

1. Menghemat uang makan siang

Menghemat uang dengan membawa makanan sendiri dari rumah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tahun baru kira-kira masih sekitar satu bulan lagi, jadi kamu masih bisa mengumpulkan uang selama beberapa hari.

Nah, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghemat uang makan siangmu atau jika perlu kamu tidak mengeluarkan uang makan siang. Gimana caranya?

Ya, apalagi kalau bukan bawa makan dari rumah alias bekal. Selain lebih hemat, makanan dari rumah juga sudah pasti terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Baca juga: Mau Liburan ke Jepang? Harus Tahu Bulan yang Tepat Buat ke Sana

Coba dihitung ya berapa uang yang kamu dapatkan kalau membawa bekal makan siang dari rumah. Setiap hari kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 20 ribu untuk beli makan siang di warteg dekat kantor.

Berarti dalam waktu satu bulan kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 20 ribu x 22 hari kerja yaitu Rp 440 ribu. Lumayan banget kan?

2. Bikin kopi sendiri di kantor

Bikin kopi sendiri merupakan salah satu cara buat tips menabung, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kopi sepertinya menjadi salah satu minuman wajib para pekerja. Hal itulah mengapa kebanyakan dari mereka rela mengeluarkan uang khusus buat beli kopi.

Mulai dari beli kopi langsung di coffee shop hingga order lewat aplikasi ojek online. Kalau dihitung-hitung, pengeluaran buat beli kopi cukup menguras kantong lho.

Beli kopi sebesar Rp 25 ribu setiap hari. Dalam sebulan kamu mengeluarkan uang Rp 25 ribu x 22 hari yakni Rp 550 ribu.

Nah, kamu bisa menghematnya dengan membuat kopi sendiri di kantor. Asupan kopi tetap terpenuhi, tapi uang aman sentosa di rekening.

3. Tahan godaan ngemil

Tahan godaan mengemil bisa menjadi salah satu tips menabung, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ngemil emang menjadi salah satu godaan yang susah banget buat ditahan, apalagi di jam-jam sore, di mana perut udah mulai keroncongan. Mau makan berat takut kekenyangan, jadi pilihannya ya ngemil.

Tapi tahukah kamu kalau kebiasaan ngemil  itu selain bisa bikin kantong kebobolan, juga bisa bikin berat badan kamu bertambah lho.

Coba jujur, berapa uang yang biasa kamu keluarkan buat beli camilan? Pasti lebih dari Rp 20 ribu kan? Apalagi kalau kantormu dekat dengan minimarket. Godaan jajan pasti susah banget dilawan.

Kalau setiap hari kamu mengeluarkan uang Rp 20 ribu buat beli camilan, berarti dalam satu bulan kamu mengeluarkan uang hingga Rp 440 ribu. Beli camilan sih sebenarnya gak masalah juga, asal gak setiap hari juga.

4. Jangan lapar mata

Jangan pernah lapar mata kalau pengin bisa nabung buat liburan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hal yang sering bikin orang gagal menabung karena gak kuat menahan godaan mata apalagi saat jalan-jalan di mall.

Parahnya lagi, barang yang dibeli bukan karena kebutuhan tapi cuma karena “lucu” yang ujung-ujungnya jadi penghuni lemari aja.

Karena itu, mulai sekarang yuk mulai tahan godaan lapar mata buat gak beli barang yang gak penting dan cuma membuang-buang uangmu aja.

Misalnya aja kamu beli tas dengan harga Rp 500 ribu. Tapi ternyata kamu udah punya model tas yang sama hanya beda warnanya aja. Duh, sayang banget kan?

Nah, itu dia empat tips menabung yang mudah banget kamu lakukan buat liburan saat tahun baru. Coba di hitung-hitung, berapa uang yang kamu dapatkan jika melakukan beberapa tips di atas.

  • Makan siang Rp 440 ribu
  • Kopi Rp 550 ribu
  • Nyemil Rp 440 ribu
  • Lapar mata Rp 500 ribu

Jadi, uang yang bisa kamu saving yaitu sebesar Rp 1,93 juta. Lumayan banget bukan? Kamu tinggal sesuaikan tempat liburan kamu dengan bujet yang kamu miliki. Gak menyiksa dan gak bikin keuanganmu jadi berantakan juga kan? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Posting Komentar untuk "Mau Liburan Saat Tahun Baru? Begini Cara Mudah Menabung yang Mudah"