Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makin Mendunia, Go-Jek Siap Mengaspal di Thailand

Go-Jek terus melakukan ekspansi dan dalam waktu dekat akan mengaspal di Thailand. Setelah Indonesia, Vietnam, dan Singapura, Negeri Gajah Putih menjadi lahan bisnis baru bagi startup unicorn nasional ini.

Tak heran jika penghargaan sebagai salah satu pemimpin bisnis paling berpengaruh versi The Bloomberg 50 disematkan bagi Founder dan CEO Go-Jek, Nadiem Makarim. Kiprahnya yang terus berinovasi dan ekspansi membuatnya menjadi salah satu pebisnis yang diperhitungkan di dunia.

Langkah ini tampaknya membuat Go-Jek semakin kuat di wilayah Asia Tenggara. Bahkan kini kiprahnya telah mengganggu hegemoni Grab sebagai kompetitor utama penyedia transportasi online terkemuka dikawasan ini.

Bukan bukan tak mungkin, Go-Jek akan terus berekspansi di belahan benua lain, dan menyaingi Uber sebagai salah satu pemain besar dunia di industri ini.

Keberhasilannya dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat dan mengubahnya menjadi peluang sangat diapresiasi dunia. Dengan begitu, perseroan bisa menawarkan solusi dengan memanfaatkan teknologi.

Nadiem sebagai pendiri juga mengatakan, ekosistem Go-Jek tak membuat perusahaan itu tunduk pada status quo. Ia pun berharap, mereka akan dibicarakan sebagai perusahaan yang menggunakan teknologi sebagai kunci untuk kemajuan ekonomi. Selain tentunya lompatan menuju tahap berikutnya dalam evolusi sosial.

“Kami melihat berbagai masalah yang membuat masyarakat frustrasi. Kami tahu bahwa satu-satunya cara menangkal rasa frustrasi adalah dengan melakukan sesuatu untuk mengatasinya,” ujar Nadiem.

Sukses Go International

Shutterstock
Ilustrasi Go-Jek (Shutterstock)

Go-Jek sendiri didirikan 8 tahun lalu sebagai perusahaan ride-hailing. Kini, ia telah bertransformai menjadi aplikasi yang menyediakan layanan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti transportasi, pembayaran digital, pesan-antar makanan, logistik, dan layanan on-demand lainnya.

Hingga saat ini, perusahaan telah memiliki lebih dari 1 juta mitra pengemudi, 30.000 penyedia layanan di seluruh Indonesia, serta memfasilitasi lebih dari 100 juta transaksi per bulan. Sebanyak 30.000 merchants atau pedagang makanan melayani Go-Food dan 80 persen di antaranya merupakan UMKM.

Sementara, di luar Indonesia, Go-Jek meluncurkan layanan Go-Ride, Go-Send, dan Go-Food di Vietnam dalam aplikasi Go-Viet. Mereka juga telah meluncurkan aplikasi beta di Singapura. Sementara dalam beberapa minggu lagi mereka bersiap melayani warga Thailand.

Ini menjadikan aplikasi karya anak bangsa ini sebagai salah satu startup atau bahkan perusahaan nasional yang paling sukses pada saat ini. Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya kita patut berbangga dan mendukung kiprahnya tersebut.

 

Posting Komentar untuk "Makin Mendunia, Go-Jek Siap Mengaspal di Thailand"